•  

Video Terbaru


Kamis, 14 Februari 2013 - 15:06:28 WIB
Nabi DAUD dan Amalannya
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Agama - Dibaca: 404 kali

NABI     DAUD     DAN     AMALANNYA

Ketua Komunitas Sunnah Daud. SMS (0711) 790 8 790 www.assanadiyah.ac.id

M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed)

 

 

QS. An-Nisaa ayat 163 “Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, 'Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud AS (’alihis-salaam)

Sejak kecil Daud As adalah seorang yang beriman kepada Allah SWT. Ia mengetahui keimanan kepada Allah SWT adalah hakekat kekuatan alam ini, kemenangan baginya bukan semata-mata ditentukan canggihnya sistem persenjataan dan banyaknya jumlah pasukan, atau banyaknya harta serta pengaruh, serta sifat keduniawian lainnya, Nabi Daud  adalah keturunan yang ke 13 dari Nabi Ibrahim AS dari garis keturunan anaknya yang kedua yaitu Nabi Ishak As. Beliau menjadi Raja menggantikan Thalut, kisah lengkapnya dapat dibaca di Al-Qur’an Surah Al-Baqoroh ayat 246-252.

Allah Swt berfirman “Dan sesungguhnya telah kami berikan kepada Daud As karunia dari kami, (kami berfirman),“Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan kami telah melunakkan besi untuknya. Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat yang kamu kerjakan. QS Saba ayat 10-11 dan QS Shad ayat 18-19.

Nabi daud As sebagai pemimpin yang memiliki kearifan sehingga beliau dalam memutuskan setiap perkara bersifat bijaksana QS Shad ayat 20 yang artinya : Dan kami kuatkan kerajaannya dan kami berikan kepadanya Hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan. Baca QS Shad ayat 21-26.

Begitu banyak nikmat yang banyak diberikan kepada nabi Daud As sehingga tidak adalagi yang diinginkan kecuali CINTA ALLAH SWT SAJA yang Nabi Daud As Inginkan,  Hal ini disebutkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW (shollallahu ’alaih wa sallam). Nabi Daud As sangat rajin mendekatkan diri kepada Allah. Beliau sangat rajin memohon kepada Allah agar dirinya dicintai Allah. Beliau sangat mengutamakan cinta Allah lebih daripada mengutamakan dirinya sendiri, keluarganya sendiri dan air dingin yang bisa menghilangkan dahaga musafir dalam perjalanan terik di tengah padang pasir. Inilah penjelasan Nabi Muhammad SAW  mengenai doa Nabi Daud As tersebut:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ مِنْ دُعَاءِ دَاوُدَ يَقُوْلُ :

 اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِيْ حُبَّكَ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ اَحَبَّ اِلَيَّ مِنْ نَفْسِىْ وَ اَهْلِيْ، وَ مِنَ الْمَآءِ الْبَارِدِ، قَالَ وَكَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا ذَكَرَ دَاوُدَ يُحَدِّثُ عَنْهُ قَالَ كَانَ اَعْبَدَ الْبَشَرِ.

Rasulullah SAW bersabda: “Di antara doa Nabi Daud ’alihis-salaam ialah: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu cintaMu dan cinta orang-orang yang mencintaiMu dan aku memohon kepadaMu perbuatan yang dapat mengantarku kepada cintaMu. Ya Allah, jadikanlah cintaMu lebih kucintai daripada diriku dan keluargaku serta air dingin.” Dan bila Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam mengingat Nabi Daud ’alihis-salaam beliau menggelarinya sebaik-baik manusia dalam beribadah kepada Allah.” (HR Tirmidzi 3412)

Setidaknya terdapat empat hal penting di dalam doa ini.

Pertama

Nabi Daud As memohon cinta Allah Swt. Beliau sangat faham bahwa di dunia ini tidak ada cinta yang lebih patut diutamakan dan diharapkan manusia selain daripada cinta yang berasal dari Allah Ar-Rahman Ar-Rahim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Apalah artinya seseorang hidup di dunia mendapat cinta manusia bahkan seluruh manusia bilamana Allah Swt tidak mencintainya. Semua cinta yang datang dari segenap manusia itu menjadi sia-sia sebab tidak mendatangkan cinta Allah Swt Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sebaliknya, apalah yang perlu dikhawatirkan seseorang bila Allah Swt mencintainya sementara manusia bahkan seluruh manusia membencinya. Semua kebencian manusia tersebut tidak bermakna sedikitpun karena dirinya memperoleh cinta Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Sebab itulah Nabi Daud As tidak menyebutkan dalam awal doanya harapan akan cinta manusia. Beliau mendahulukan cinta Allah Swt di atas segala-galanya. Beliau sangat menyadari bahwa bila Allah Swt telah mencntai dirinya, maka mudah saja bagi Allah Swt untuk menanamkan cinta ke dalam hati manusia terhadap Nabi Daud As. Tetapi bila Allah sudah mebenci dirinya apalah gunanya cinta manusia terhadap dirinya. Sebab cinta manusia terhadap dirinya tidak bisa menjamin datangnya cinta Allah kepada Nabi Daud As.

Dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bila Allah mencintai seorang hamba, maka Allah berseru kepada Jibril: “Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah dia.” Jibrilpun mencintainya. Kemudian Jibril berseru kepada penghuni langit: ”Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka kalian cintailah dia.” Penghuni langitpun mencintainya. Kemudian ditanamkanlah cinta penghuni bumi kepadanya. (HR. Bukhary 5580)

Kedua

Nabi Daud As memohon kepada Allah cinta orang-orang yang mencintai Allah. Sesudah mengharapkan cinta Allah lalu Nabi Daud As memohon kepada Allah kasih-sayang dari orang-orang yang mencintai Allah, sebab orang-orang tersebut tentunya adalah orang-orang beriman sejati yang sangat pantas diharapkan cintanya. Hal ini sangat berkaitan dengan Al-Wala’ dan Al-Bara’ (loyalitas dan berlepas diri). Yang dimaksud dengan Al-Wala’ ialah memelihara loyalitas kepada Allah Swt, RasulNya dan orang-orang beriman. Sedangkan yang dimaksud dengan Al-Bara’ ialah berlepas diri dari kaum kuffar dan munafiqin. Karena loyalitas mu’min hendaknya kepada Allah, RasulNya dan orang-orang beriman, maka Nabi Daud As berdoa agar dirinya dipertemukan dan dipersatukan dengan kalangan sesama orang-orang beriman yang mencintai Allah. Dan ia sangat meyakini akan hal ini. Sesungguhnya Rasulullah Saw bersada: “Ruh-ruh manusia diciptakan laksana prajurit berbaris, maka mana yang saling kenal di antara satu sama lain akan bersatu. Dan mana yang saling mengingkari di antara satu sama lain akan berpisah.”(HR muslim 4773)

Ketiga

Nabi Daud As memohon kepada Allah Swt agar ditunjuki perbuatan-perbuatan yang dapat mendatangkan cinta Allah Swt. Setelah memohon cinta Allah Swt kemudian cinta para pecinta Allah Swt, selanjutnya Nabi Daud As memohon kepada Allah Swt agar ditunjuki perbuatan dan amal kebaikan yang mendatangkan cinta Allah. Ia sangat khawatir bila melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan murka Allah Swt. Beliau sangat khawatir bila berbuat dengan hanya mengandalkan perasaan bahwa Allah Swt pasti mencintainya bila niat sudah baik padahal kualitas dan pelaksanaan ’amalnya bermasalah. Maka Nabi Daud As sangat memperhatikan apa saja perkara yang bisa mendatangkan cinta Allah pada dirnya. Di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah Swt mencintai Ash-Shobirin (orang-orang yang sabar). Siapakah yang dimaksud dengan Ash-Shobirin? Apa sifat dan perbuatan mereka sehingga menjadi dicintai Allah Swt ? ”Dan berapa banyak nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah Swt mencintai orang-orang yang sabar.” (QS Ali Imran ayat 146)

Keempat

Nabi Daud As memohon kepada Allah Swt agar menjadikan cinta Allah Swt sebagai hal yang lebih dia utamakan daripada dirinya sendiri, keluarganya dan air dingin. Kemudian pada bagian akhir doa ini Nabi Daud As kembali menegaskan betapa beliau sangat peduli dan mengutamakan cinta Allah Swt. Sehingga beliau sampai memohon kepada Allah Swt agar cinta Allah Swt yang ia dambakan itu jangan sampai kalah penting bagi dirinya daripada cinta dirinya terhadap dirinya sendiri, terhadap keluarganya sendiri dan terhadap air dingin. Mengapa di dalam doanya Nabi Daud As perlu mengkontraskan cinta Allah Swt dengan cinta dirinya sendiri, keluarganya dan air dingin? Sebab kebanyakan orang bilamana harus memilih antara mengorbankan diri dan keluarga dengan mengorbankan prinsip hidup pada umumnya lebih rela mengorbankan prinsip hidupnya. Yang penting jangan sampai diri dan keluarga terkorbankan. Kenapa air dingin? Karena air dingin merupakan representasi kenikmatan dunia yang indah dan menggoda. Pada umumnya orang rela mengorbankan prinsip hidupnya asal jangan mengorbankan kelezatan duniawi yang telah dimilikinya.

Jadi bagian terakhir doa Nabi Daud As mengandung pesan pengorbanan. Ia rela mengorbankan segalanya, termasuk dirinya sendiri, keluarganya sendiri maupun kesenangan duniawinya asal jangan sampai ia mengorbankan cinta Allah Swt. Ia amat mendambakan cinta Allah Swt. Nabi Daud As sangat faham maksud Allah Swt di dalam Al-Qur’an: “Katakanlah: "Jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari pada Allah Swt dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah Swt tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (QS At-Taubah ayat 24)

Al-Qur’an melukiskan kepribadian Nabi Daud As cukup lengkap. “Bersabarlah atas apa yang mereka katakan, dan ingatlah hamba kami, Daud yang mempunyai kekuatan (Al-Ayad), sesungguhnya dia amat taat”. nabi Daud As banyak beribadah, tanpa mengharap harta, tahta, hanya semata mengharap CINTA ALLAH SWT. Sehingga Ibadah yang dijalani oleh nabi Daud As lebih dicintai Allah Swt, sebagaimana hadist Nabi Muhammad Saw bersabda, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai di sisi Allah Swt adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah Swt adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” Hadist lain yang senada diriwayatkan oleh HR Bukhari Muslim/ HR Ahmad dan lainnya.

            Kecintaan kepada Allah Swt inilah yang menjadikan nabi Daud As dari seorang pengembala kambing menjadi Raja, memiliki harta, memiliki pengetahuan, bersifat arif bijaksana, memiliki suara yang merdu, mengerti bahasa binatang, besi bisa lembut, semua jin,  hewan, gunung, angin patuh kepada Nabi Daud As. Mari kita gapai CINTA ALLAH SWT dengan mengamalkan sunnah Rosulullah SAW yaitu  SUNNAH NABI DAUD As.



69 Komentar :

obat tradisional jantung koroner
22 Maret 2013 - 13:09:33 WIB

thanks bgt infonya. . .
Chain Roller
23 Maret 2013 - 10:26:49 WIB

selamat pagi,,makasih banyak beritanya bermanfaat sekali
Conveyor Chain
23 Maret 2013 - 15:02:19 WIB

selamat sore,makaasih atas berita dan informasinya ya,sukses selalu buat pemerintah
Jasa SEO
24 Maret 2013 - 20:10:41 WIB

selamat malam,makasih info dan beritanya

obat kanker kelenjar getah bening
27 Maret 2013 - 08:52:19 WIB

Terimakasih banyak beritanya. . .
Conveyor Belt
27 Maret 2013 - 10:13:07 WIB

sangat berjasa sekali
trik seo
11 Mei 2013 - 13:07:45 WIB

artikelnya sangat bermanfaat sekali terima kasih banyak admin http://goo.gl/jULKk
Regional UK Web Directory
20 Mei 2013 - 23:08:11 WIB

sudah menjadi kewajiban kita untuk maju terus seakan-akan batas kemampuan kita tidak ada..thanks admin telah berbagi pengetahuan,terus maju,salam sukses selalu..
Flights To Hong Kong
30 Mei 2013 - 14:54:48 WIB

selamat sore gan,apa kabar? smoga sehat selalu..terima kasih ya telah berbagi informasi yg akurat dan penuh ilmu,update terus biar lebih bermanfaat lagi..
Wholesaling Houses
07 Juni 2013 - 08:50:42 WIB

terima kasih ane ucapin untuk ka" admin,atas kesediaan-nya memberi dan menghadirkan info2 yg inspiratif,jelas sangat berguna bagi kami.terus semangat semoga tidak bosan untuk berbagi,semoga sukses selalu..
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ... | 7 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)